17 Apr 2017

Yuk Simak 6 Tips Ini, Bagi yang Mau Jalan-Jalan ke Belanda


ItuBos - Jika anda sedang berada di Belanda selama enam minggu dan menyempatkan traveling di setiap akhir pekan, Akhirnya, Arya Daru Pangayunan yang sebagai diplomat muda Kemenlu RI sudah membagikan 6 tips soal traveling ke negara Belanda yang sangat mudah.

Semoga tips ini dapat membantu anda yang berniat untuk berwisata ke Belanda. Berikut ini 6 tips berdasarkan dari hasil pengalaman:

1. Bahasa


Hampir semua orang di Belanda sudah menggunakan bahasa Inggris dan mereka sangat senang untuk membantu para wisatatan, sehingga anda tidak perlu khawatir soal komunikasi. Namun, sangat baik jika kita dapat mengucapkan beberapa kata dasar dari Bahasa Belanda seperti dank u wel yang artinya terima kasih banyak, Kemudian untuk goede morgen atau middag ataupun avond artinya selama pagi/siang/sore), bahasa Belanda astublieft artinya silakan, dan tot ziens artinya sampai jumpa. Mereka akan sangat mengapresiasinya jika kita bisa sedikit berbahasa Belanda.

2. Uang Tunai


Mata uang Belanda yang mereka gunakan adalah mata uang Euro. Selain di bandara dan kota besar seperti Amsterdam, tidak terlalu mudah mendapati money changer, sehingga kami menyarankan sebaiknya anda sudah harus menyiapkan atau memiliki mata uang Euro ketika sampai ke negara Belanda.

Besaran pecahan sebaiknya tidak lebih dari 50 Euro karena banyak sekali toko atau restoran yang sudah menolak untuk pembayaran dengan pecahan 100 Euro. Jadi kami sarankan untuk selalu menyimpan uang koin selama anda bepergian di Belanda karena banyak hal yang pembayarannya juga memerlukan uang koin, di antaranya adalah vending machine, locker penitipan koper di stasiun, mesin top up kartu transportasi, dan lain sebagainya. Untuk tempat umum seperti stasiun kereta, ada beberapa pusat perbelanjaan, bahkan restoran makanan cepat saji mengharuskan anda membayar 50 sen untuk menggunakan kamar kecil.

3. Kartu Kredit


Banyak hal di negara Belanda yang pembayarannya harus menggunakan kartu kredit, seperti online booking untuk pemesanan tiket pesawat, tiket bus, tiket tur, tiket pertandingan sepakbola, menyewa mobil, dan sebagainya.

Banyak juga kasir pusat perbelanjaan yang tidak lagi menerima uang tunai sehingga kartu kredit menjadi sangat penting dan membantu anda walaupun tidak wajib dimiliki. Jadi kami sarankan kembali, wajib gunakan kartu kredit yang memiliki logo Visa atau Mastercard yang dapat diterima hampir di semua outlet di Belanda.

4. Komunikasi


Untuk lebih mudah berkomunikasi di negara Belanda, anda dapat membeli kartu prabayar setempat. Kami sarankan untuk membeli kartu tersebut di counter resmi operator seluler, karena jika membeli di mini market atau cigarette store bisa saja harganya dinaikkan dan mereka seringkali meminta anda untuk membayar jasa tambahan hanya aktivasi kartu.

Paket data memang harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan Indonesia dengan harga rata-rata 10 Euro per 1 Gigabyte. Namun kami sarankan untuk tetap membelinya karena sangat dibutuhkan ketika traveling, terutama untuk melihat peta, membuka aplikasi transportasi, dan yang pasti anda harus diwajibkan update media sosial jika berada di negara Belanda. Sulit jika hanya mengandalkan wifi, karena tidak semua tempat umum di Belanda ada menyediakan wifi yang gratis.


5. Transportasi


Sistem transportasi umum di Belanda sangat baik di mana bus, kereta api, trem, dan metronya sangat disiplin. Untuk melihat jadwal transportasi umum, dapat mengunduh aplikasi transportasi dengan kode 9292 yang dapat membantu anda mencapai ke tempat tujuan. Aplikasi tersebut mampu memperlihatkan moda transportasi atau jalur berapa yang dapat digunakan seperti, rute, waktu ketibaan, bahkan nomor platform kereta dan bus.


Anda juga wajib harus memiliki ov-chipkaart, yang merupakan sebuah kartu transportasi yang dapat dibeli di stasiun kereta api atau terminal bus di Belanda. Dengan kartu ini kita dapat menggunakan berbagai moda transportasi umum di seluruh Belanda, seperti bus, trem, metro, hingga kereta dengan sistem tap-in, tap-out. Yang paling penting adalah jangan anda lupa tap-in karena seringkali ada pemeriksaan random. Jika ketahuan tidak melakukan tap-in, maka anda dikenakan denda yang cukup besar. 

6. Makanan


Jika anda rindu akan masakan Indonesia, restoran Indonesia sangat mudah dijumpai di kota-kota besar di negara Belanda. Tapi karena sudah jauh-jauh ke Belanda, kami sarankan anda harus mencoba makanan khas setempat, di antaranya yang mudah dijumpai adalah panekuk, pofertjes, kroket, dan ikan haring.

Jika anda mencari makanan halal di Belanda, paling aman adalah membeli makanan di restoran kebab di mana penjualnya rata-rata adalah orang Muslim yang berasal dari Timur Tengah.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

kartubos.com adalah situs poker online uang asli terbaru

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog